Cagar Budaya di Riau Naik Peringkat Nasional

Uncategorized1,572 views

JAKARTA,(LIPUTANREDAKSI.COM – Cagar Budaya Provinsi Riau direkomendasikan naik peringkat nasional melalui mekanisme sidang yang berlangsung hari ini, Rabu (21/6/2023) di Hotel Kristal, Cilandak, Jakarta. TACB nasional mengagendakan sidang untuk membahas lima usulan dari daerah Provinsi.

Benteng Tuanku Tambusai yang diusulkan Provinsi Riau menjadi objek pertama yang dibahas dan mendapat kesepakatan dari 12 orang TACBN untuk ditetapkan. Tim Riau yang tadi dipimpin oleh Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen.

Dalam keterangannya kepada media ia menyebutkan, bahwa pencapaian hasil hari ini tidak terlepas dari peran gubernur Riau yang sangat mendorong upaya pelestarian sejumlah cagar budaya (CB) daerah.

“Alhamdulillah, usulan Riau direkomendasi untuk berstatus CB nasional. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran Pak Gubri Syamsuar. Dukungan beliau sangat besar dalam mendorong CB daerah menjadi CB nasional,” kata Raja Yoserizal usai mengikuti jalannya persidangan.

Pria yang kerab disapa Tuk Yos ini menjelaskan, pembahasan kajian yang dilakukan oleh TACBN berdasarkan nilai penting yang terkandung dalam objek cagar budaya yang sangat tinggi dan memiliki keunikan serta kekhasan tinggalan arkeologis di Pulau Sumatera.

“Keunikan ini terlihat pada tanggul yang memiliki beberapa lapisan, yang bila dibandingkan dengan tinggalan arkeologis lainnya seperti tinggalan arkeologis pemukiman kuno ataupun benteng nusantara, tidak ada yang seperti Benteng Tuanku Tambusai,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut dia, juga dikuatkan bahwa keberadaan objek ini tidak lepas dari ketokohan Tuanku Tambusai sebagai pejuang dan salah satu pemimpin perang paderi melawan kolonialisme Belanda. Nilai kepahlawanan tersebut juga telah diberikan penghormatan dengan telah disematkannya Tuanku Tambusai sebagai pahlawan nasional sejak tahun 1995.

Saat ditanya lebih lanjut terkait adanya hambatan dalam proses sidang, ia mengungkapkan, TACBN mengarahkan untuk penyesuaian kategorisasi objek usulan. Bahwa Kajian yang dilakukan juga berkaitan dengan penamaan dari objek usulan yang sebelumnya diusulkan sebagai situs cagar budaya Benteng Tuanku Tambusai

Baca Juga:  Babinsa Laksanakan Pendampingan Vaksin PMK

“Setelah proses pembahasan akhirnya disepakti menjadi situs cagar budaya kampung pertahanan Tuanku Tambusai di Dalu-Dalu,” ungkap mantan Kepala Biro Humas Sekdaprov Riau itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *