Ini Cara Mengolah Daging Sapi Supaya Tidak Alot

Daerah, Internasional5,318 views

(LIPUTANREDAKSI.COM)- Cara mengolah daging sapi supaya tidak alot memang penting diketahui. Apalagi saat Idul Adha, sapi menjadi salah satu hewan yang sering dikurbankan. Tidak heran sajian daging sapi saat Idul Adha pun melimpah. Tapi, bagi beberapa orang mengolah daging sapi gampang-gampang susah. Apalagi jika salah, daging sapi bisa berakhir keras atau alot ketika dikunyah.

Agar daging sapi tidak alot, berikut tips mengolahnya agar jadi empuk ketika disantap, Dilansir dari CNN Indonesia.

Tips Olah Daging Sapi Agar Tak Alot
1. Pakai daun pepaya
Cara ini bisa dibilang merupakan cara tradisional untuk mengolah daging sapi. Tapi cara ini juga masih banyak dilakukan oleh sejumlah orang, misalnya tukang sate.

Pepaya memang memiliki kelebihan berupa enzim papain uang bisa memecah protein dalam daging. Membuat daging menjadi lebih lembut atau tidak alot.

Anda cukup membungkus daging dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Makin lama daging disimpan, maka daging akan semakin empuk.

2. Masak dengan api rendah dan lambat
Sapi juga bisa dimasak untuk sate, mungkin saat Idul Adha nanti Anda ingin membuat sate maranggi yang bahan utamanya memang daging sapi.

Agar sate maranggi buatan Anda empuk ketika digigit, cobalah dibakar dengan api sedang dan masak secara perlahan. Saat dibakar atau direbus dalam suhu yang lambat, kolagen pada sapi akan terurai membuat serat-serat pada otot terpisah.

Daging pun bisa jadi lebih lembut ketika digigit.

3. Iris berlawan dengan serat
Semua daging memiliki serat otot yang cukup panjang. Biasanya menjalar ke semua bagian daging.

Baca Juga:  Tekan Terjadinya Tindak Pidana Perdata, Pemkab Lanjut MoU Bersama Kejari Siak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *