Husni Merza Berharap Gubri Beri Perhatian Khusus Kepada Petani di Siak

Daerah, Nasional, Siak1,509 views

SIAK,(LIPUTANREDAKSI.COM) -Wakil Bupati Siak Husni Merza di hadapan Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan berdasarkan data lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Siak seluas 4.004 ha dan Cadangan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (CLP2B) seluas 418 ha.

Total potensi lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 4.422 ha. Potensi ini menjadi dasar peningkatan ketersediaan pangan di Kabupaten Siak.

“Potensi lahan sawah terbesar terletak di Kecamatan Bungaraya, Sabak Auh, Sungai Mandau dan Sungai Apit. Sementara untuk di Kecamatan Koto Gasib, Pusako dan Tualang terdapat juga lahan sawah namun tidak begitu luas,”ujar Wabup Husni saat menerima Gubernur Riau Syamsuar pada Panen Raya Padi di Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, kabupaten Siak, Riau, Senin (26/6/2023).

Pada tahun 2022, luas tanam padi di Kabupaten Siak seluas 8.078 ha dengan produksi sebesar 45.423,8 ton dan Produktivitas 4,87 ton/ha. Namun hasil produksi ini belum bisa memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Siak.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan beras tersebut yaitu berupa kegiatan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Tanaman Padi, Penangkar Benih Padi dan beberapa bantuan alsintan berupa cultivator, combine harvester, wheel tractor, Rice Milling Unit (RMU) dan Power Treasher”, jelasnya.

Salah satu kecamatan sentra tanaman pangan di Kabupaten Siak adalah Kecamatan Sabak Auh yang memiliki lahan sawah seluas 1.247 Ha yang merupakan sawah semi irigasi.

“Untuk meningkatkan produksi padi, Kecamatan Sabak Auh mendapatkan beberapa bantuan berupa Kegiatan Ekstensifikasi tanaman padi seluas 50 ha, Penangkar benih padi seluas 20 ha dan Bantuan Gudang Benih dan Lantai Jemur 1 Unit dari Anggaran APBD I. Selain itu juga mendapatkan bantuan Kegiatan Benih Padi Inbrida seluas 371 Ha dari sumber dana APBN 2023”, terang Wabup Siak itu.

Baca Juga:  Dandim 0322/Siak Silahturahmi Bersama Pemilik Perkebunan dan PKS di Wilayah Kabupaten Siak

Pada kesempatan itu, Wabup Husni Merza berharap dengan adanya panen raya pagi bersama Gubernur Provinsi Riau Syamsuar itu, memberikan dan meningkatkan motivasi kepada para petani untuk terus meningkatkan produktivitas sawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *