Harga Kelapa Sawit Plasma di Riau Naik untuk Seminggu Kedepan

PEKANBARU,(LIPUTANREDAKSI.COM) – Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan harga. Berdasarkan hasil penetapan harga kelapa sawit periode 28 Juni sampai Juli 2023 dikelompok umur 8 tahun yaitu sebesar Rp 2.413,34/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu kedepan, dengan harga cangkang berlaku untuk satu bulan kedepan dengan sebesar Rp 23,08/Kg.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, faktor penyebab naiknya harga TBS periode ini karena terjadinya kenaikan harga jual cpo dari perusahaan yang menjadi sumber data. Indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 91.64%. Harga rata-rata tertimbang penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 535,72 dan kernel minggu ini turun sebesar Rp 331,52 dari minggu lalu. Naik turun harga penjualan lokal CPO dan kernel dari perusahaan mitra plasma bisa dilihat di tabel di bawah ini.

“Untuk harga jual CPO, PTPN V Sei Buatan menjual CPO dengan harga Rp 10.557/Kg dan mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 412/Kg dari harga minggu lalu,” katanya.

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT. Meganusa Intisawit menjual Kernel dengan harga Rp 4.473/Kg. Lalu, PT. Eka Dura Indonesia menjual Kernel dengan harga Rp 4.892/Kg dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp 27/Kg dari harga minggu lalu.

Kemudian, PT. Rigunas Agri Utama PMKS Peranap (PPN) menjual Kernel dengan harga Rp 4.556/Kg dan harganya sama dengan minggu lalu. Selanjutnya, PT. Adimulia Agrolestari menjual Kernel dengan harga Rp 4.850/Kg

“PTPN V Sei Buatan, PTPN V Sei Tapung, PT. Buana Wiralestari Mas, PT. Ramajaya Pramukti, , PT. Inti Indosawit Subur PMKS Ukui Satu (PUS), PT. Inti Indosawit Subur PMKS Ukui Dua (PUD), PT. Inti Indosawit Subur PMKS Buatan Satu (PBS), PT. Inti Indosawit Subur PMKS Buatan Dua (PBD), tidak melakukan penjualan pada minggu ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Dandim 0322/Siak Pimpin acara tradisi Korps Raport Pindah Satuan Kodim 0322/Siak

Sebagaimana diketahui bersama bahwa dari minggu lalu harga TBS yang ditetapkan oleh tim mengalami kenaikan, Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor naiknya harga CPO. Sedangkan sistem tata kelola penetapan harga TBS Provinsi Riau semakin membaik.

“Membaiknya tata kelola penetapan harga merupakan upaya yang serius dari seluruh stake holder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau kerjasama program “Jaga Zapin”. Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Berikut Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Kemitraan Plasma Prov Riau No. 25 periode 28 Juni – 4 Juli 2O23 :

Umur 3th (Rp 1.836,81);

Umur 4th (Rp 2.104,05);

Umur 5th (Rp 2.236,62);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *