Wabup Husni Sebut : GDPK Landasan Kebijakan Pembangunan Kependudukan Terintegrasi

SIAK,LIPUTANREDAKSI.COM- -Wakil Bupati Siak Husni Merza melakukan ekspos penyusunan dan pemanfaatan Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Siak tahun 2023-2048. Melalui zoom meeting di ruang Bandar Siak, lantai II Kantor Bupati Siak, Kecamatan Mempura, Rabu (12/6/2024).

Dokumen GDPK nantinya dijadikan landasan kebijakan pembangunan kependudukan yang terintegrasi. Pemerintah memfasilitasi GDPK melalui berbagai regulasi, termasuk Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dan Kepmendagri Nomor 050-3708 Tahun 2020.

“Pembangunan kini semakin menuntut integrasi yang kuat antara variabel demografi dan pembangunan. Untuk itu, mewujudkan kebijakan pembangunan kependudukan yang terpadu menjadi hal yang penting dan mendesak,” ujar Wakil Bupati Siak Husni Merza memulai eksposnya.

GDPK Kabupaten Siak tahun 2023-2048, Pemkab Siak telah melibatkan beberapa pihak terkait termasuk akademisi dari berbagai universitas yang bergabung dalam koalisi kependudukan Indonesia Provinsi Riau.

“Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen penuh terhadap penyusunan GDPK, Kabupaten Siak ini bisa dilihat dalam integras 5 pilar kedalam penyusunan dokumen perencanaan baik dalam jangka panjang maupun pendek diantaranya Rancangan RPJPD Kabupaten Siak tahun 2025-2045, RPJMD Kab. Siak tahun 2025-2029, Renstra Perangkat Daerah , RKPD, dan Rencana Kerja (Renja),” paparnya.

Lanjutnya, tidak hanya itu pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk dukungan terhadap pembangunan kependuduk, membuat Peraturan Bupati tentang GDPK 5 Pilar, dan telah membuat SK tim pelaksana GDPK.

Husni juga menambahkan, latar belakang penyusunan GDPK Kabupaten Siak didasari oleh lajunya pertumbuhan penduduk yang setiap tahun bertambah yang disebabkan semakin bertambahnya usia harapan hidup masyarakat.

Baca Juga:  Tim Gabungan Jaga Posko Kecamatan Mempura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *