Riau Nihil Karhutla, BPBD Ingatkan Warga Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Daerah, Siak1,106 views

PEKANBARU,(LIPUTANREDAKSI.COM) – Sejumlah wilayah yang sebelumnya sempat dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini seluruhnya sudah padam, Minggu (13/8/2023. Sebelumnya Karhutla muncul di dua daerah, yakni Kabupaten Indragiri Hulu dan Pelalawan.

“Alhamdulillah, sampai sore ini sudah padam semua. Hotspot di Riau juga terpantau hanya 4 titik saja, itu pun belum tentu firespot,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur, Minggu (13/8/2023).

Sebelunya, kebakaran di Pelalawan ditemukan di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui. Sedangkan di Inhu ditemukan di Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gangsal, Inhu.

Namun informasi terbaru yang dirilis BPBD Riau Karhutla di wilayah tersebut sudah padam dan Riau hingga saat ini Nihil Karhutla.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menjaga daerahnya masing-masing dari ancaman Karhutla.

Apalagi kondisi cuaca di Riau yang cukup panas dan kering. Masyarakat diingatkan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tidak sembarangan membuang puntung rokok yang masih menyala bara apinya. Apalagi saat berada di kebun, tanah kosong atau di hutan.

“Yang hobi mancing ikan juga kami ingatkan. Biasa ada yang buat api untuk bakar-bakar ikan atau api unggun, itu juga harus hati-hati. Pastikan apinya padam semua baru ditinggal pulang, jangan ditinggal begitu saja, itu bisa juga berpotensi menyebabkan kebakaran lahan,” ujarnya.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 01/Siak Kawal Lansung Kegiatan Pendistribusian Logistik Pemilu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *