Ini 13 Lokasi Salat Iduladha Muhammadiyah di Pekanbaru

Daerah, Pekanbaru1,530 views

PEKANBARU,(LIPUTANREDAKSI.COM) – Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan bahwa tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada tanggal 20 Juni 2023, dengan demikian Hari Raya Iduladha dilaksanakan tanggal 29 Juni 2023 lusa. Namun sebagian umat Islam di Indonesia khususnya warga Muhammadiyah akan melaksanakan Salat dan merayakan Iduladha pada tanggal 28 Juni 2023 bersamaan dengan salat Iduladha di tanah suci Mekkah.

Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru Jabarullah, S.Sos menyampaikan bahwa pihaknya di Muhammadiyah sangat menghargai keputusan Pemerintah yang menetapkan hari raya Iduladha tanggal 29 Juni.

“Namun kami juga harus patuh dengan Keputusan PP. Muhammadiyah yang sudah disampaikan jauh hari sebelumnya melalui Maklumat Nomor: 01/MLM/I.0/E/2023 tanggal 21 Januari 2023, yang menetapkan hari raya Iduladha 10 Zulhijjah 1444 H jatuh pada tanggal 28 Juni 2023,” kata Jabarullah, Selasa (27/6/2023).

Menindaklanjuti Maklumat tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru telah mengeluarkan Instruksi melalui surat dan memberikan imbauan antara lain;

1. Kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Idhuladha 10 Zulhijjah 1443 H pada hari Rabu tanggal 28 Juni di Masjid Muhammadiyah atau di lapangan seperti yang biasa digunakan;

2. Kepada seluruh PCM/PRM dan atau Takmir Masjid Muhammadiyah untuk berkoordinasi dengan Kemenag dan aparat kepolisian setempat agar pelaksanaan salat Iduladha berjalan tertib dan lancar;

3. Kepada seluruh PCM/PRM dan atau para Takmir Masjid Muhammadiyah agar memasang bendera, umbul-umbul dan spanduk di sekitar lokasi pelaksanaan shalat id.

4. Waktu pelaksanaan pemotongan hewan kurban, dianjurkan pada tanggal 29 Juni, dan tatacara penyelenggaraan disesuaikan tuntutan Tarjih Muhammadiyah dan memperhatikan kesehatan hewan qurban.

Baca Juga:  Antisipasi Karhutla, Babinsa Koramil 01/Siak laksanakan Patroli dan sosialisasi Karhutla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *