Cegah Karhutla, Sekda Siak Arfan Usman ingatkan Hal Ini

Daerah, Siak2,194 views

SIAK, liputanredaksi.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kabupaten / Pemerintah Kota se-Provinsi Riau, terkait dengan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau secara virtual.

Dalam kesempatan ini, Sekda Siak Arfan Usman mengikuti Rakor secara Virtual, diruang Bandar Siak, Lantai II Kantor Bupati Siak, Rabu (7/6/2023), bersama Asisten I Setda Kabupaten Siak Fauzi Azni, serta unsur Forkompimda.

Rakor bersama Pemda / Pemko se-Provinsi terkait Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, dan dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Suharyanto, Forkopimda Provinsi Riau serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengatakan, Rakor Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan ini, untuk menetapkan tugas dalam upaya melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan juga penanganannya, karena saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Untuk di Provinsi Riau, Jumlah hotspot tertanggal 1 Januari hingga 5 Juni 2023 di Riau sebanyak 657 dengan luas lahan yang terbakar 473,58 hektar”, ucap Syamsuar.

Untuk antisipasinya, sambung Syamsuar, Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat sejak 13 Februari dan berakhir 30 November 2023. Bahkan telah membentuk komando satgas.

Sesuai mengikuti Rakor, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyampaikan bahwa, terhitung dari 1 Januari 2023 hingga 7 Juni 2023, titik Hostpot Karhutla di Kabupaten Siak sebanyak 33 titik, dengan total 22 Fire Spot serta serta jumlah lahan yang terbakar sekitar 18,32 hektar.

“Untuk Fire Spot terakhir terjadi pada tanggal 2 juni di Kecamatan Tualang, tepatnya di Perawang Barat dengan luas lahan terbakar 0.3 hektar”, jelasnya.

Baca Juga:  Kodim 0322/Siak Gelar Coffee Morning dan Launching Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *